Tolikara dan Keegoisan Manusia

Beberapa hari ini, Tolikara berduka.

Untuk memberi gambaran dengan sudut pandang yang berbeda-beda, saya coba membaca beberapa informasi yang tidak berasal dari satu sumber saja. Lima di antaranya adalah berita di Tempo, detik.com, Kompas, Republika dan vivanews.

Kemudian saya juga menyimak beberapa opini dan komentar di lini masa (beberapa menyertakan link artikel dari berbagai media yang mendukung opininya). Miris, ketika melihat beberapa orang meng-identik-kan ini dengan konflik agama. Ada juga beberapa orang yang tiada henti berkomentar ketika konflik ini terjadi pada manusia yang satu agama dengannya, tetapi diam seribu bahasa tak peduli ketika konflik ini terjadi di umat agama lain. Bukankah ini sudah menjadi salah satu bentuk keegoisan? Mementingkan kepentingan pribadi/kelompok di atas kepentingan bersama (antar manusia).

Barangkali, beberapa manusia terlalu egois untuk mengakui bahwa yang terjadi adalah konflik antar manusia, lalu mencari pembelaan dengan menyebutnya konflik agama.
Apa yang salah dengan agama sehingga dijadikan kambing hitam kala nafsu manusia tak terbendung?

Saya pikir, penolakan terhadap perbedaan itu lahir dari nafsu manusia, bukan dari ajaran agama.

Untuk yang ingin turut membantu (selain hanya dengan komentar dan opini belaka) tetapi terbatas jarak dan waktu, bisa buka link donasi berikut: https://kitabisa.com/masjidtolikara

Mari sejenak berdamai dengan segala kisah pilu tentang penindasan terhadap perbedaan, dan menyimak tembang lama dari Krakatau bertajuk “Sekitar Kita” ini. Tembang apik tentang cinta dan kasih dalam perbedaan.

Iklan

Satu pemikiran pada “Tolikara dan Keegoisan Manusia

  1. Halo Yusrizal. Sepertinya agama sering dijadikan justifikasi (penarikdukungan atau justru pengambinghitaman) karena terbukti sering manjur ya

Jangan sungkan berpendapat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s